Sebelum Wafat, Gus Dur Siapkan Pemerintahan Presidium


Jakarta, RMOL. Sekitar sebulan sebelum menghembuskan nafas terakhir (Rabu, 30 Desember 2009), Abdurrahman Wahid tengah mempersiapkan susunan pemerintahan presidium untuk menggantikan pemerintahan SBY hasil Pilpres 2009.

Begitu disampaikan Saurip Kadi kepada Rakyat Merdeka Online (Jumat, 8/1). Saurip Kadi adalah purnawirawan mayor jenderal Angkatan Darat yang pernah menjadi Asisten Teritorial KSAD di tahun 2000. Saat itu Gus Dur menjadi Presiden RI. Saurip Kadi dinilai sebagai jenderal lurus yang berusaha membongkar jaringan korupsi di TNI AD bersama almarhum Letjen Agus Wirahadikusuma.

Penyusunan pemerintahan presidium itu didengarkan Saurip Kadi langsung dari mulut Gus Dur. Tanggal 2 Desember 2009 ia dipanggil Gus Dur ke rumah salah seorang teman Gus Dur di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Begitu bertemu, Gus Dur langsung mengajukan pertanyaan kepada Saurip Kadi.

“Mau atau tidak, saat ini juga Pak Saurip harus menjawab,” tanya Gus Dur seperti ditirukan Saurip Kadi.

Setelah Saurip Kadi balik bertanya, barulah Gus Dur menjelaskan bahwa dirinya mempersiapkan sebuah jabatan strategis untuk Saurip Kadi di dalam pemerintahan presidium pimpinan Gus Dur yang segera dibentuk. [guh]

Sumber :
http://www.rakyatmerdeka.co.id/news/2010/01/09/86102/Sebelum-Wafat,-Gus-Dur-Siapkan-Pemerintahan-Presidium-

Tinggalkan komentar