Kenangan Muchtar Pakpahan bersama Gus Dur (7)


GUSDUR PEMIMPIN YANG DEMOKRATIS 2501201

GusDur adalah pemimpin yang demokratis yang menghargai perbedaan pendapat. Saya mempunyai pengalaman yang menarik dikemukakan.

Di awal pemerintahannya, saya diminta beliau untuk mencari solusi penyelesaian tuntutan merdeka dari Aceh dan berkordinasi dengan jenderal Wiranto.

Bagi saya hal itu merupakan sebuah penugasan dari presiden. Karena penugasan itu, saya beberapa kali melakukan perjalanan ke Nangroe Aceh Darusassalm, ke hutan-hutan menemui petinggi GAM.

Dari diskusi-diskusi yang kami lakukan, kami sepakat mengadakan konferensi perdamaian Aceh di Langsa, 25 Januari 2000. Tiga hari menjelang acara itu, Gusdur memanggil saya dan Wiranto ke istana, dan GusDur mengatakan ditunda. Tetapi GusDur tetap ke Aceh, tetapi ke Sabang membuka Sabang sebagai pelabuhan bebas.

Tentu wajarbila saya kecewa, dan saya membayangkan berapa lagi darah yang tumpah di Aceh.
Ahir Januari ke Februari GusDur melakukan perjalanan ke beberapa negara, Saudi Arabia, Swiss, Inggris, Belgia dan Thailand.

Di Saudi Arabia kami menginap di istana kerajaan. Pada saat itu saya mendapat kesempatan kami berdua membahas Aceh. GusDur berpendapat langkahnya benar menunda konferensi damai. Untuk meyakinkan saya GusDur sampai bersuara keras, dan mengetukkan tangannya ke meja, hingga kopinya memercik.
Karena kekecewaan yang saya rasakan, dari London saya pulang ke Indonesia dengan pesawat umum, mengundurkan diri dari rombongan. Waktu saya pamit beliau mengumumkan memberhentikan Wiranto.

Saya kira GusDur akan marah kepada saya karena sikap saya mengundurkan diri dari rombongan. Kenyataan kemudian, setiba di Tanah Air, beliau undang saya ke istana, ada dua topik pembicaraan: menata hubungan industrial (lanjutan pembicaraan di pesawat dengan Sofian Wanandi dan Aburizal Bakrie) dan pengadilan Soeharto atas pelanggaran HAM.

Hubungan kamipun normal kembali. Sepantasnya GusDur wajar kecewa atas sikap saya meninggalkan beliau di London.

http://www.muchtarpakpahan.com/2010/01/kenangan-bersama-gus-dur.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: