Kain Kafan Utuh Bukti Gus Dur Memiliki Karomah?


Kain Kafan Utuh Bukti Gus Dur Memiliki Karomah?

Jakarta – Tidak rusaknya kain kafan Mantan Presiden keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meski sudah dimakamkan selama satu tahun masih menimbulkan tanda tanya. Banyak pihak yang tidak percaya, namun tidak sedikit pula yang yakin bila kejadian tersebut nyata adanya karena karomah yang dimiliki mendiang mantan Ketua Pengurus Pusat Nahdatul Ulama (PBNU) itu. Lalu apa yang dimaksud karomah?

Karomah adalah kejadian di luar kebiasaan tabiat manusia pada umumnya. Karomah diberikan Allah SWT kepada seorang hambanya yang semasa hidupnya menjadi kekasih-Nya. Biasanya para ulama yang memiliki karomah bisa dilihat saat masih hidupnya. Misalnya, seringkali ucapannya biasanya terjadi dalam kenyataan. Karomah ini biasanya dimiliki oleh setiap hamba yang shalih atau shalihah. Seseorang yang memiliki karomah biasanya tidak mengklaim dirinya memiliki karomah atau kelebihan lainnya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam Syarh Al Aqidah Al Wasithiyah, halaman 207, mengatakan prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah ialah meyakini adanya karomah para wali. Selain itu, berbagai keluarbiasaan yang Allah SWT izinkan terjadi melalui tangan-tangan hambanya baik yang berkaitan dengan ilmu atau lainnya bisanya juga menjadi bagian dari karomah.

Ibnu Taimiyah menambahkan, Karomah biasanya diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang benar-benar beriman serta bertaqwa, atau yang sering disebut Wali Allah SWT. Dalam firman Allah SWT di Surah Yunus ayat 62-63, disebutkan, salah satu sifat-sifat Wali Allah adalah, mereka tidak pernah takut dan khawatir dengan keadaan apapun, karena semua hatinya bergantung sepenuhnya kepada Allah.

“Ketahuilah sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati, yaitu orang-orang yang beriman dan mereka senantiasa bertaqwa.” demikian bunyi salah satu ayat Alqur’an.

Namun demikian, lanjut Ibnu Taimiyah, setiap sesuatu yang berada di luar kebiasaan manusia tidak selalu disebut karomah. Menurut Asy Syaikh Abdul Aziz bin Nashir Ar Rasyid rahimahullah dalam kitab At Tanbihaatus Saniyyah halaman 312-313 disebutkan, ada tiga macam atau tingkatan keistimewaan yang diberikan Allah SWT kepada para hamba-hamba-Nya yang shaleh. 3 hal itu, Mukjizat yang diberikan kepada Rasul dan Nabi-Nya, kemudian Karomah yang diberikan kepada Wali Allah dan terakhir adalah sihir yang berupa tipuan setan yang dimiliki wali-wali setan.

Tingkat keimanan dan ketakwaan pada masing-masing manusia lah yang akhirnya menjadi tolak ukur apakan ia pemilik ilmu karomah atau sihir dan tipu daya setan. Dalam kitab A’lamus Sunnah Al Manshurah halaman 193, Al Imam Asy Syafi’i rahimahullah berkata, “Apabila kalian melihat seseorang berjalan di atas air atau terbang di udara, maka janganlah mempercayainya dan tertipu dengannya sampai kalian mengetahui bagaimana dia dalam mengikuti (tuntunan) Rasulullah SAW”.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras yang mengguyur kota santri Jombang membuat makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Ponpes Tebuireng, Jombang, ambles. Lebih mengherankan, jasad mantan presiden keempat itu masih utuh, kain kafan yang membungkus jasad Gus Dur pun masih utuh dan putih.

Zainul, salah satu petugas keamanan pondok mengatakan, amblesnya makam Gus Dur terjadi tiga hari lalu. Saat itu pengunjung makam Gus Dur sedang tinggi-tingginya. Sudah begitu, hujan deras terus mengguyur kawasan Tebuireng. Akibatnya, makam mantan Ketua PBNU tersebut ambles.

Praktis, kejadian itu membuat penghuni Tebuireng kalang kabut. Mereka beramai-ramai melihat kejadian aneh tersebut. Sebuah lubang akibat gerusan air menganga lebar sehingga menampakkan kain kafan pembungkus tubuh tokoh yang dikenal dengan berbagai anekdotnya ini. “Subhanallah, kain kafan Gus Dur masih utuh. Putih bersih seperti baru,” kata Zainul, Jumat (18/2/2011). Wallahualam bi shawab. (krt/krt)

http://www.today.co.id/read/2011/02/21/12012/kain_kafan_utuh_bukti_gus_dur_memiliki_karomah

Iklan

14 Komentar (+add yours?)

  1. bang Yaya
    Sep 07, 2012 @ 01:44:03

    Yang perlu digarisbawahi adalah : “setiap sesuatu yang berada di luar kebiasaan manusia tidak selalu disebut karomah” Ibnu Taimiyah. di Penenem, Jerowaru daerah Lombok Timur ada sebuah makam dimana dimakamkan seseorang yang telah wafat dlm kurun puluhan thn, ketika suatu saat kuburnya dibongkar guna memakamkan keluarga yang lain, ternyata kain kafan dan jasadnya msih utuh, bahkan rambut dan kukunya brtmbh panjang. LALAU APAKAH DIA WALI? atau kejadian itu menunjukkan KARAMAH?
    ADA juga seorang biasa, di kampung saya, masih daerah Jerowaru, dimasa hidupnya menjadi petani dan pengembala kerbaunya, setelah meninggal dunia bbrapa thn stlh menginggal, kuburnya digali utk memakamkan slh stu keluarganya. setelah digali ternyata jasadnya msih utuh? LALU, apakah itu karamah?

    BELUM TENTU SEMUA YANG KITA LIHAT SEBAGAI KEJADIAN LUAR BIASA MERUPAKAN KARAMAH. BILA SUDAH SEIRNG TERJADI TENTU BUKAN SESUATU YANG LUAR BIASA LAGI. BISA KARENA SEBAB2 LAIN. ADA FAKTOR KADAR TANAH, KADAR UDARA DLL. YANG MELINGKUPI TEMPAT TERTENTU.
    FIR’AUN MUSUH ALLAH PUN, JASADNYA MSIH UTUH SMPE HRI INI.?
    PECAYA TAK PECAYA

  2. jokowarts
    Mar 16, 2013 @ 12:55:05

    subanallah…

  3. adhien
    Apr 10, 2013 @ 01:10:34

    melihat tingkah laku gusdur selama hidup, moga bukan karomah istri tukang becak yang di dapat gusdur…

  4. IRWANTO
    Apr 30, 2013 @ 06:16:53

    Assalamualaikum wr.wb
    Karomah itu bukan hanya jasad dan kain kafan yang utuh akan tetapi banyak selain dr itu, akan tetapi sebagai orang islam alangkah baiknya kalaw kita lebih memandang itu sebagai Rakhmat Alloh saja karena tanpa Rakmatnya segala sesuatu itu tidak akan pernah bisa terjadi seperti utuhnya jasad ataupun kejadian Alam yang mendukung hal hal seperti itu terjadi, jadi sikapilah segala sesuatu itu dengan bijaksana agar tidak terjadi perpecahan pendapat diantara kita dan cara yang tepat adalah dengan mempercayai bahwa jika Alloh itu berkehendak atas segala sesuatu pastilah akan terjadi dengan bagaimanapun cara-Alloh, maka pujilah Alloh karena hanya DIA yang mengatur atas segalanya, oke Brow….
    Ngomong2 kalaw bagi mas yaya nie… kalaw nanti misal sudah meninggal dunia dan ternyata jenazah mas yaya utuh… kira2 keluarga mas yaya pastilah bangga dan akan selalu ingat atas segala kebaikan dan amal ibadah mas yaya selama di dunia, dan Insya Alloh Mas yaya pasti akan jadi teladan walaupun sudah tiada.
    maaf ya… bukan maksud untuk memintari akan tetapi marilah kita sama2 belajar dan belajar untuk bijaksana dalam menyikapi segala hal. semoga seluruh umat muslim mati dengan khusnul khotimah semuanya…AAAAMIIIIN YAA ROBBAL ALAMIN.
    Wassalamualaikum wr.wb

  5. Hasan
    Mei 21, 2013 @ 02:19:58

    Wali allah tetap beramal dlm kuburnya sprt beramal di waktu hidupnya(manaqib tuan syaikh Abdulqadir alzailen) Allah memberi kelebihan pd mahkluk2nya untuk di mulyakan dan dihinakan dan fir’aun di awet kan jasadnya oleh Allah swt untuk dihinakan karna kezalimannya spy jd ‘itibar bwt kt

  6. dani ar
    Agu 07, 2013 @ 03:54:17

    Bagi yang nggak percaya gusdur punya karomah ya nggak apa2, tapi yg pasti beliau sambil merem saja bisa jadi presiden yang professor sehat wal ‘afiat dan sangat ambisi kayak amien rais sampe mati nggak bakalan jadi presiden, ketika gusdur meninggal, puluhan, ratusan ribu, bahkan mungkin jutaan orang mendoakan beliau, dari ujung papua hingga masjidil haram di Makkah Al muqarromah. Saat ini makam beliau senantiasa ramai diziarahi orang untuk mendoakannya. Untuk bang Yaya, kira2 kalo ente mati berapa orang yg akan menyolatkan, dan berapa lama orang akan mendoakan anda selain keluarga anda….??????

  7. jokowarts
    Sep 01, 2013 @ 23:23:51

    kebesaran tuhan

  8. aina
    Nov 14, 2013 @ 06:40:08

    subhanaallah..
    i like this,.

  9. Abdul Halim
    Feb 06, 2014 @ 13:29:15

    Kl Kta Lhat Dari Smasa Hdup Bliau Ya Aku Rasa,pantaslah,,krna Kbaikan Dan Kburkan Nya Lbh Bnyak Kbaikanya,cntohnya,sy Tkg Mabok Jaman Pak Harto Smua Kmaksiatan Bebas,tp Jman Gusdur, Sparo Nya Jdi Pada Insap Karna Takut Ma Buser,

  10. hasan rodhi
    Feb 20, 2014 @ 20:25:23

    Allohuakabar waliilahilham.

  11. hasan rodhi
    Feb 20, 2014 @ 20:32:15

    Itulah wali alloh orang yg di sayangi alloh.maka dari itu mari kita tiru keilmuanya beliau.sebagai orang islam, maka kita harus menuntut ilmu walaupun raga sudah di makan usia.dengan ilmu yg baik maka akan berguna kelak dan menjadikan penyelamat kita di dunia dan akhirat.ilmu bukan hanya di sekolahan saja,banyak cara formal/nonformal yg penting:”…innamal a’malu binniyat”:,,

  12. surya
    Apr 23, 2014 @ 08:00:52

    Semoga menjadi teladan bagi kita sebagai umat
    saya mengimani rahkmat yg diberikan Allah SWT ke pada kekasihnya berupa utuh jasadnya.Al Qur’an dalam surat Ali Imron ayat ke 169 menegaskan “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati. bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.”

  13. rudy khairuddin BW
    Jul 26, 2014 @ 04:37:08

    hanya Allah yang Maha Tahu….Karomah atau yang lainnya, yang pasti mari kita doakan orang-orang yang telah mendahului kita, semoga Allah senantiasa meridhoi kita…..amin

  14. ahmad munajat
    Agu 22, 2014 @ 18:29:56

    Saya mengomentari mas yaya, dipelajari saja mas tentang sejarah firaun,jangan dimasukan kategori karomah kain kafan/jasad yang masih utuh ok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: