Kenangan Muchtar Pakpahan bersama Gus Dur (3)


TAKTIK GUSDUR YANG MENAKJUBKAN 22012010

Sesudah Jenderal Soeharto lengser dari presiden, ia digantikan Prof.Dr.BJ.Habibie. Salah satu tuntutan reformasi, adili Soeharto atas kejahatan ekonomi/korupsi dan kejahatan HAM. Jaksa Agung mulai memeriksa beberapa yayasan Sohearto. Tetapi pemeriksaan selalu tertunda karena alasan Soeharto sakit/tidak sehat.

Suatu hari di bulan Juli 1998, utusan Habibie datang mengundang saya untuk bertemu dengan Presiden Habibie. Rapat DPP (K)SBSI memutuskan meminta pendapat Gusdur. Ketika saya menemui GusDur sedang istirahat di rumah, beliau bilang kamu belum waktunya bertemu, nanti kamu dicurigai teman2. Atas pandangan itu saya tidak penuhi.

Dalam rangka menghadapi HUT RI ke 53, Presiden Habibie mengundang untuk membicarakan perspektif HUT dan HAM. Atas hasil rapat DPP SBSI saya temui GusDur, dan beliau menasehati belum waktunya bertemu. Juga saya tidak menemui Preaiden Habibie.Waktu itu masih kencang tuntutan mahasiswa dan LSM untuk juga melengserkan Habibie.

Tetapi tidak berapa lama kemudian, seluruh pemancar televisi menyiarkan GusDur bertemu dengan Presiden Habibie dan Soeharto yang baru lengser. Dunia reformasipun geger.
Besok sore harinya, saya dengan seorang pengusaha besar menemui GusDur, dan Gusdur memulai pembicaraan,” saya dengar kamu (Muchtar) kecewa karena saya temui Soeharto. Saya kan ulama jadi harus temui semui orang, sambil tertawa. Saya agak kesal terlambat berkomentar, saya juga unionis harus bertemu dengan semua orang.

Tetapi GusDur cepat menambahkan. Tujuan saya bertemu Soeharto selain silaturahmi, ingin mencek apakah Soeharto benar2 sakit. Karena pemeriksaan oleh Jaksa Agung berhenti dengan alasan Soeharto tidak sehat. Pertemuan kami lancar2, semua media memuat dan menyaksikan, Soeharto ternyata sehat. Jadi saya membukltikan dengan cara lain. Sekarang mari kita desak Jaksa Agung dan Presiden agar sungguh2.

Saya diam, saya sangat setuju cara itu yang tadinya di luar jangkauan saya. pembicaraan inipun saya sampaikan ke kawan2. Sungguh taktik yang menakjubkan.

http://www.muchtarpakpahan.com/2010/01/kenangan-bersama-gus-dur.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: