Gus Dur: Pemilu Tak Legitimate


Jum’at, 10 April 2009 , 09:45:00
Gus Dur: Pemilu Tak Legitimate

JAKARTA – Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tidak menggunakan hak pilihnya dalam pemilu kali ini. Kemarin siang (9/4), sekitar pukul 11.45 WIB, mantan ketua umum Dewan Syura DPP PKB yang tersingkir dari partai yang didirikannya itu baru pulang berobat dari Bangkok, Thailand.

Gus Dur seharusnya memilih di TPS 41, Ciganjur, Jakarta Selatan, yang kebetulan berada di dalam kompleks pondoknya. Di sana dia sebenarnya telah masuk daftar pemilih dengan nomor urut 33. Selain Gus Dur, istrinya, Sinta Nuriyah, dan putrinya, Zannuba Arifah Chafsoh (Yenny Wahid) juga tidak ikut memilih. Keduanya ikut menyertai Gus Dur yang sejak dua minggu lalu berobat ke luar negeri.

Di TPS tempat Gus Dur seharusnya memilih tersebut PKB kalah telak. Partai berlambang bumi dikelilingi sembilan bintang itu hanya mendapat 10 suara.

Di sana Partai Demokrat muncul sebagai pemenang dengan 45 suara. Disusul Partai Keadilan Sejahtera dengan 31 suara dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama yang berada tepat di atas PKB dengan 11 suara.

Sedangkan PDI Perjuangan memeperoleh 5 suara di sana, sedikit di atas Partai Golkar yang mendapat 4 suara. Suara dua partai besar itu berada di bawah perolehan Partai Gerindra, yakni 7 suara. Sedangkan suara tak sah 10 lembar.

Bagaimana suara golput? Yang jelas, di antara 303 pemilih yang terdaftar, hanya 126 pemilih yang menggunakan haknya. Sedangkan 10 suara dinyatakan tidak sah saat penghitungan suara.

Khusus terhadap pelaksanaan pemilu kali ini, mantan ketua umum PBNU tersebut tetap memberikan suara keras. Bahkan, Gus Dur menuding pemilu kali ini tidak legitimate. Menurut dia, masih sangat banyak masyarakat yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

“(Kinerja) KPU bukan tidak maksimal. Tapi, mereka tidak kerja,” tegas Gus Dur sesaat setelah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma dengan nada kesal. Akibat dari buruknya kinerja KPU itu, menurut dia, wajar jika harapan masyarakat akan terciptanya pemilu berkualitas menjadi hilang. (tom/aga/rdl/pri/dyn/agm)

http://www.kaltimpost.co.id/?mib=berita.detail&id=20845

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: