Warisan Gus Dur Kini Dinikmati Yudhoyono


Dia berhasil mewujudkan banyak harapan bagi terciptanya demokrasi di Indonesia

VIVAnews – Sosok Abdurrahman Wahid menimbulkan kesan tersendiri bagi Greg Barton. Profesor ilmu politik dari Universitas Monash, Australia, itu telah mengenal Gus Dur selama 20 tahun dan pernah menulis biografi mengenai cucu pendiri Nahdlatul Ulama itu.

Dalam wawancara dengan stasiun radio ABC Australia, Kamis pagi 31 Desember 2009, Barton menilai bahwa Gus Dur sebenarnya bukanlah tipe politisi namun dia ditakdirkan sebagai pemimpin yang mempelopori demokratisasi politik di Indonesia dan hasilnya bisa dinikmati pemerintahan saat ini.

Menurut Barton, banyak yang tidak mengira bahwa Gus Dur bersedia mengemban tugas yang berat sebagai presiden pada Oktober 1999 saat Indonesia didera ketidakstabilan politik pasca lengsernya rezim Soeharto. Namun, selama dua tahun memimpin, Gus Dur bisa membawa perubahan yang besar bagi Indonesia.

“Warisan yang dia tinggalkan adalah berhasil mewujudkan banyak harapan bagi terciptanya demokrasi dalam kehidupan bangsa Indonesia. Dia melakukannya dengan berani kendati tidak mendapat cukup dukungan politik saat itu,” kata Barton dalam wawancara dengan wartawan ABC, Tony Eastley.

“Jadi, dia berhasil melakukan pencapaian itu sesuai dengan kemampuannya mengingat dia bukanlah seorang politisi,” lanjut Barton, yang menulis biografi
“Gus Dur: the Authorized Biography of Abdurrahman Wahid” pada 2003.

Barton memiliki kesan bahwa Gus Dur sebagai pribadi yang independen dan eksentrik. “Dia punya selera humor yang luar biasa dan tentu saja gayanya terbentuk dari sosoknya sebagai pemimpin yang kritis selama periode Soeharto. Namun gayanya itu kadang kala tidak cukup menguntungkan bagi dirinya saat menjadi presiden,” kata Barton.

Seperti halnya BJ Habbie, Gus Dur menurut Barton merupakan pionir bagi transisi Indonesia menuju demokrasi yang hasilnya mulai bisa dinikmati pada pemerintahan saat ini.

“Mereka berdua bersedia mendorong reformasi saat mereka tidak memiliki basis politik yang kuat, namun berhasil mewujudkan harapan dan membentuk pondasi bagi pemerintahan saat ini yaitu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” kata Barton.
• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: