Amien Rais Setuju Voting Terbuka


Amien Rais Setuju Voting Terbuka
10-7-2001 / 12:42 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Ketua MPR Amien Rais menyambut baik usulan PDI Pejuangan untuk melakukan voting terbuka dalam Sidang Istimewa (SI) MPR nanti. “Sebaiknya memang terbuka, untuk menghindari dimensi ketiga, yaitu politik uang, munculnya siluman uang,” ujar Amien Rais di Gedung Nusantara III MPR/DPR, Jakarta, Rabu (4/7).

Amien mengakui bahwa usulan tersebut terbentur pada tata tertib (tatib) MPR tahun 2000, terutama pasal 85 ayat 5. Dalam pasal tersebut diatur soal voting secara tertutup untuk masalah penting atau menyangkut orang. Di samping pasal tersebut, preseden laporan pertanggungjawaban mantan Presiden BJ Habiebie juga dilakukan secara tertutup. Karena itu, menurut Ketua MPR ini, ada alasan kuat pengambilan keputusan atas laporan pertanggungjawaban Presiden Abdurrahaman Wahid juga dilakukan secara tertutup.

Namun, Amien berpendapat, hal itu bisa diubah dalam awal SI nanti. Bisa saja anggota MPR mengubah dahulu tatib MPR soal pengambilan keputusan mengenai pertangungjawaban presiden. Ia mengatakan, kemungkinan itu perlu dipertimbangkan karena dirinya mencium rumor adanya penggunaan uang menjelang SI digelar. Ia mengaku tidak punya bukti. “Money Politic bisa dari dua arah, baik yang pro maupun kontra,” kata Amien. (Anggoro Gunawan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: