Berikan Penghormatan, PLBSI Berencana Gelar Turnamen Piala Gus Dur


Berikan Penghormatan, PLBSI Berencana Gelar Turnamen Piala Gus Dur

Jakarta, RMOL. Ketua Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) wilayah DKI Jakarta, Ki Kusumo, mendukung pemberian gelar kepahlawanan untuk almarhum mantan Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid, karena dianggap sebagai tokoh yang gigih, tulus, dan berani menanggung risiko dalam memperjuangkan hak-hak kaum minoritas dan orang-orang terpinggirkan.

Menurutnya, KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur tersebut, merupakan tokoh yang secara konsisten membela Pancasila dan memberikan landasan keagamaan kokoh bagi penegakan ideologi bangsa sekaligus menghilangkan diskriminasi diantara umat beragama dan kelompok. Hal ini disampaikan Ki Kusumo, usai pengukuhan dirinya sebagai Ketua Pengurus Liong dan Barongsai wilayah DKI Jakarta, yang terpilih secara aklamasi, menggantikan Ketua PLBSI sebelumnya, Taufik Gunawan, yang berlangsung di Jakarta, Senin (4/01) malam.

“Saya bersama jajaran pengurus dan anggota, akan melakukan terobosan baru dalam menggali potensi dan mencari bibit-bibit baru untuk olah raga Liong dan Barongsai, sekaligus merangkul semua kalangan untuk memajukan PLBSI. Karena, selama ini, masih banyak kelompok-kelompok kecil yang belum tersentuh dan enggan bergabung di bidang olah raga Barongsai,” ujar Ki Kusumo yang juga merupakan produser film. “Kami juga berencana menggelar turnamen Liong dan Barongsai Piala K.H Abdurrahman Wahid, untuk mengenang jasa-jasa beliau selama menjadi Presiden Republik Indonesia. Namun, waktunya belum ditentukan.”

Lebih jauh Ki Kusumo menambahkan, Liong dan Barongsai dari Tiongkok, sudah ada di Indonesia sejak ratusan tahun silam. Namun kemudian tidak bisa ditampilkan saat pemerintahan Orde Baru. Kesenian itu muncul kembali setelah pemerintah Presiden Abdurrahman Wahid mencabut Keppres No 14 Tahun 1967 dan menerbitkan Keppres No 6 Tahun 2000 yang mengizinkan kesenian itu ditampilkan lagi. ”Setelah menunggu selama 40 tahun, kami baru mengekspresikan kembali semangat untuk menampilkan jatidiri secara terbuka berupa atraksi Liong dan Barongsai. Dan ini merupakan penantian yang panjang,” tandas Ki Kusumo. [bis]

Sumber :
http://www.rakyatmerdeka.co.id/news/2010/01/05/85966/Berikan-Penghormatan,-PLBSI-Berencana-Gelar-Turnamen-Piala-Gus-Dur—

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: