Berkat Gus Dur, Wimar Tak Lagi Merasa Malu


VIVAnews – Kepergian Abdurrahman Wahid merupakan kehilangan bagi Wimar Witoelar. Sebagai sahabat, Wimar merasa Gus Dur membuatnya tidak lagi malu sebagai orang Indonesia.

Berkat peran Gus Dur sebagai pemimpin bangsa dan tokoh masyarakat, Indonesia kini mendapat citra positif dari masyarakat internasional sebagai salah satu kekuatan demokrasi utama di dunia.

“Rasa malu saya sebagai orang Indonesia bisa diganti dengan rasa bangga ketika saya berada di luar negeri. Itu berkat pandangan dan pengaruh yang dibawa oleh Gus Dur sebagai pemimpin,” kata Wimar saat berada di rumah duka di Ciganjur, Kamis pagi 31 Desember 2009.

Wimar, yang pernah tampil menjadi juru bicara presiden era pemerintahan Abdurrahman Wahid (1999-2001), mengatakan bahwa dia tidak akan lupa akan salah satu sifat Gus Dur, yaitu memiliki wawasan yang luas.

“Satu hal, Gus Dur memiliki sifat eklektik, mau melihat berbagai pandangan. Maka, orang selalu bisa melihat Gus Dur memiliki pandangan hidup yang selalu positif dan kebahagiaan dan kesengsaraan berada di kendali kita,” kata Wimar, yang saat ini terpaksa duduk kursi roda akibat kondisi fisiknya sedang tidak fit.

“Pandangan kita bisa positif dan bisa negatif. Namun, Gus Dur selalu mengendepankan yang positif. Itu sebenarnya inti ajaran agama, namun disampaikan secara universal,” lanjut Wimar, yang tidak bisa turut mengantar jenazah Gus Dur ke Jombang.

Melihat banyaknya warga yang masih berbondong-bondong menuju rumah duka di Ciganjur, Wimar menilai bahwa Gus Dur telah mendapat tempat di hati banyak orang.

“Kendati sebagai sahabat, saya tidak bisa mengklaim merasa sangat dekat dengan Gus Dur. Almarhum pun dekat dengan orang banyak,” kata Wimar.
• VIVAnews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: