Kenangan Muchtar Pakpahan bersama Gus Dur (2)


Kenangan bersama Gus Dur (2)

MENJELANG KONGRES I KSBSI. 17102010
Juli 1993 adalah Kongres Nasional I K(SBSI) di Cisarua Bogor. Pada ketika itu ada rumor GusDur tdk disukai Cendana, karena GusDur hendak mengorganisir revolusi, yang diawali istighosah nasional, dilanjutkan kegiatan Fordem.

Suatu sore Gusdur mengontak saya agar kami bertemu. Dalam pertemuan itu Gusdur beritahu, kehadirannya ikut mendirikan SBSI menambah dosa bagi istana. Untuk sementara waktu, dia mengurangi kontaknya dengan SBSI, dan suatu ketika mungkin akan saya kemukakan peranan saya hanya hadir pada pertemuan pembentukan SBSI.

Yang menarik untuk saya sampaikan, ketika saya tanyakan apa benar jin-jin disiapkan menjaga istighosah yang di senayan yang lalu? GusDur menjawab, karena saya dikadali istana, ya istananya balik saya kadali.

Polri bilang tidak akan mengeluarkan ijin. GusDur menjawab tidak perlu ijin. Polri bilang tidak dijamin keamanan, GusDur menjawab saya akan undang jin menjaga keamanannya.

Ahirnya Polri tidak berani menghalangi. Tapi ada seorang dari NU Jaksel meyakinkan, bahwa yang dari Jaksel itu benar-benar mengundang jin dari Brunai, Malaysia, Irak, Mesir dll
Tidak berapa lama dari pertemuan itu, menjelang berlangsungnya Kongres Nasional I KSBSI, GusDur mengalami kecelakaan(tapi keyakinan aktivis dicelakakan).

Dengan kecelakaan itu, Ibu yang melahirkan meninggal, isteri menjadi lumpuh, GusDur mengalami kebutaan satu mata.
GusDur rela berkorban demi rakyat banyak. itulah hero atau pahlawan.

http://www.muchtarpakpahan.com/2010/01/kenangan-bersama-gus-dur.html

Tinggalkan komentar