Habib Luthfi


Habib Luthfi

Habib Luthfi, 57 tahun, punya hobi yang bisa dibilang nyentrik. Kiai karismatik asal Pekalongan, Jawa Tengah, ini keranjingan main organ dan menikmati lagu musik klasik karya Beethoven dan Mozart.

Waktu-waktu senggangnya tak pernah dilewatkan tanpa jreng, jreng, jreng, main musik. Tiga organ merek Yamaha seri terbaru plus sound system tertata apik di ruang khusus.

Mungkin kegemaran semacam itu tak aneh kalau dimiliki “orang biasa”. Tapi Habib Luthfi seorang ahli thariqat (ajaran menuju ke-esa-an Tuhan).

Bahkan ia menjabat Ketua Umum Jam’iyyah Ahli Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah, Organisasi Ahli Thariqat NU, selain sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah. Padahal ada sebagian penganut Islam yang mengharamkan menikmati musik, apalagi lagu-lagu Barat.

Pak Kiai juga gemar jalan-jalan. Tiap pagi, dengan mobilnya, ia diantar sopir keliling Kota Pekalongan. Sekitar pukul 11.00, Habib Luthfi yang kelimis ini kembali ke rumah, kemudian tidur sambil menunggu waktu salat zuhur. Tapi, waktu malam, ia sering menerima tamu dari berbagai daerah dengan beraneka keperluan.

Dari minta nama anak sampai minta doa agar bisnis lancar jaya. “Rumah ini seperti rumah sakit. Semua orang datang dengan permasalahannya,” kata Abdul Karim, santri yang bertugas menerima tamu.

Sumber – Tempo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: