Kisah Para Ulama Nusantara


Kisah Para Ulama Terdahulu selalu menghiasi langkah Bangsa ini.maka selayak nya kita sebagai Umat harus menghormati jasa Para Ulama Terdahulu dan wajib mentauladani sifat dan jejak langkah beliau.Dari situ kita akan tahu bagaimana gigih nya perjuangan Para Ulama dalam membela bangsa ini dan mensyiarkan Agama islam di Indonesia. Semoga wordpres ini bermanfaat dan semoga dengan cerita singkat ini kita menjadi orang orang yang selalu menghormati perjuangan para Ulama kita
ARTI ZIARAH
Kata-kata ziarah menurut arti bahasanya adalah menengok. Ziarah kubur artinya menengok kubur. Ziarah ke makam orang tua artinya menengok kemakam orang tua, ziarah ke makam waliartinya menengok ke makam wali, ziarah ke makam pahlawan artinya menengok ke makam pahlawan.

Menurut syariat Agama Islam, ziarah kubur itu bukan hanya sekedar menengok kubur, bukansekedar menengok kemakam orang tua, bukan sekedar menengok makam wali, bukan hanyasekedar menengok makam pahlawan, bukan pula untuk sekedar tahu dan mengerti dimanaseseorang dikuburkan, atau bukan hanya sekedar mengetahui keadaan kubur atau makam, akantetapi kedatangan seseorang ke kubur atau ke makam dengan maksud untuk berziarah adalahmendo¶akan kepada yang dikubur atau yang dimakamkan dan mengirim do¶a untuknya dengan pahala dari bacaan ayat-ayat Qur¶an dan kalimat Thoyibah, seperti bacaan Tahlil, Tahmid,Tasbih, Sholawat dll.

Dan perlu diketahui ziarah kubur bukan untuk mintak kepada yangdikubur, melainkan justru kitalah yang mendo¶akan dan mengirim pahala dari bacaan-bacaanthoyibah kepada mereka yang telah dikubur.Dengan demikian, jelaslah bahwa ziarah kubur menurut Syariat Agama Islam adalah termasuk amal perbuatan yang baik.

TATA CARA ZIARAH KE KUBUR

Beberapa petunjuk/adab tata cara berziarah ke kubur menurut Agama Islam:

Hendaklah berwudlu dahulu sebelum berziarah

Setelah sampai di pintu gerbang makam, supaya memberi salam: ³Assalamu¶alaikumahladdiyaari minal mu¶miniina wa inna insyaa-Allaahu bikum laahiquun nas-alullahalanaa walakumul µaafiyata´.

Atau dengan salam: ³Assalamu¶alaikum daaraqaumin mu¶minin fa-innaa insyaa-Allaahu bikum laahiquun´. Kesejahteraan semoga bagimu wahai ahli kubur dari orang-orang Mu¶min, InsyaAllah kami akan bertemudengan kamu.4.

Sesampainya di depan makam yang dituju (misalnya kemakam orang tua) kemudianmenghadap kearah muka mayat (menghadap kerah timur) sambil mengucap salam khususke mayat tersebut, yaitu: Assalamu¶alaikum ya««««.. (sebutkan nama yangdiziarahi)

Bacalah ayat-ayat/surat-surat dari Al-Qur¶an, seperti membaca surat Yasin, Ayat Kursiatau membaca Tahlil, dll

Selesai itu, berahlihlah menghadap ke arah Qiblat (kearah barat), arah punggungnya simayat dengan membaca do¶a (dengan khusyuk)

Dalam melakukan ziarah itu, hendaknya dilakukan dengan penuh rasa hormat dankhidmat serta khusyu¶ (tenang)

Hendaknya dalam hati ada ingatan bahwa aku pasti akan mengalami seperti dia (mati)

Setelah berziarah hendaknya memperbanyak amal-amal kebaikkan dan menambah baktita¶atnya kepada Allah SWT.

Hendaknya jangan menduduki nisan kubur dan melintasi diatasnya, karena hal itutermasuk perbuatan Idza¶ (menyakitkan) terhadap mayit dan yang punya kubur,keluarganya.

Peringatan:

Berdo¶a yang dimaksud diatas, bukanlah mintak kepada kuburan, tetapi mohon kepada AllahSWT. agar yang di Ziarahi dan penghuni seluruh kuburan tersebut selamat dan senang di ³sana´, juga berdo¶a mohon kepada Allah SWT agar dirinya sendiri kelak dimasukkan ke Sorga.

Hikmah Ziarah kubur

Amalan ziarah kubur ini mempunyai tujuan dan hikmatnya tersendiri, antaranya ialah :

Supaya dikasihi oleh Allah Subhanahu Wataala dengan sebab mengikuti SunnahRasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam.2.

Berziarah ini juga akan menerbitkan perasaan insaf dan taubat di dalam hati tentangmenghadapi hari kematian, alam kubur dan alam akhirat, iaitu dengan muhasabah diri,adakah amalan kita sudah mencukupi untuk dijadikan bekal di dalam alam barzakh danalam akhirat.

Selain itu, berziarah kubur juga jika difahami dan dihayati tujuannya, akan mengingatkankepada kita asal usul kejadian kita yang berasal dari tanah dan kepada tanah juga kitaakan dikembalikan. Dengan penghayatan sedemikian, insya-Allah akan menggamit rasahati dan kesedihan serta dapat melembutkan kekerasan hati, yang akan melahirkankesedaran untuk melakukan segala suruhan Allah Subhanahu Wataala dan menjauhisegala larangan-Nya.

Ziarah kubur juga bertujuan berlaku ihsan terhadap penghuni kubur, lebih-lebih lagikepada roh kedua ibu bapa kita dan menggembirakan mereka dengan memberi salam,memohon doa agar dilimpahi dengan rahmat, pengampunan dan keafiatan dari AllahSubhanahu Wataala. Perlulah diketahui bahawa permohonan doa anak yang salih itu,yang sentiasa mendoakan kedua ibu bapa mereka yang telah meninggal dunia akanditerima oleh Allah Subhanahu Wataala serta ditulis oleh Allah Subhanahu Wataalasebagai anak yang taat kepada ibu bapanya.

Semoga dengan sedikit informasi Kita dapat memaknai Perjalanan para waliyullah dalam menyebarkan Agama Islam di Tanah Air.
Saya selaku Admin sebelum nya memohon maaf Semua sumber yang di berikan di Wordpres saya ini di dapat dari berbagai sumber media massa dan bloger
Semoga keberadaaan WordPress saya ini bermanfaat bagi kita dan rekan rekan yang lain

Salam Admin

Raka Wiryawan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: