Mahfud MD Terpilih Kembali Menjadi Ketua MK

JAKARTA, RIMANEWS – Mahfud MD, kembali terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), untuk periode 2011-2014. Ia terpilih dalam sidang pemungutan suara pemilihan Ketua MK, yang digelar di Ruang Sidang Pleno, Gedung MK, Jakarta, Kamis (18/8/2011), siang.

“Dengan ini terpilih Muhammad Mahfud MD sebagai Ketua MK, dengan lima suara,” ujar Mahfud MD, dalam sidang.

Proses pemilihan Ketua MK baru, diikuti oleh sembilan orang Hakim MK. Merekalah yang berhak mencalonkan diri dan memberikan suara dalam pemilihan Ketua MK. Dari kesembilan Hakim MK, diketahui, kesemuanya memberikan suara dalam pemilihan tersebut.

Namun dari kesembilan Hakim, hanya tiga orang yang mencalonkan diri sebagai Ketua MK.

Mereka adalah, Mahfud MD, Hamdan Zoelva, dan Harjono.

Kesembilan Hakim diberi kesempatan untuk memilih kandidat dengan cara menuliskan nama calon di secarik kertas berwarna merah putih, yang kemudian mereka masukan ke dalam sebuah kotak kaca.

Setelah kesembilan Hakim memberikan suara mereka, petugas MK menghitung jumlah perolehan suara para kandidat.

Setelah proses perhitungan suara berakhir, perolehan suara untuk Mahfud MD, diketahui mencapai 5 suara, Harjono, 2 suara, dan Hamdan Zoelva, satu suara. Terdapat juga satu suara abstein.

Ditemui setelah sidang, Juru Bicara MK, Akil Mochtar mengatakan, proses pelantikan Mahfud MD menjadi Ketua MK akan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2011, mendatang.

“Pelantikan akan dilakukan di ruang sidang MK, kita akan menggelar sidang dan mengundang petinggi lembaga negara,” ucapnya.

Berdasarkan UU MK, yang lama, Ketua MK dipilih secara periodik diantara Hakim Konstitusi selama tiga tahun sekali.(ian/tribun)

http://rimanews.com/read/20110818/38510/mahfud-md-terpilih-kembali-menjadi-ketua-mk

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: