Polisi Wajib ‘Ngaji’ Kitab Kuning

PROBOLINGGO, KOMPAS.com –

Kepolisian Resor Probolinggo membuat sejumlah terobosan dan kegiatan selama Ramadhan ini. Selain mewajibkan anggotanya melakukan patroli keliling usai tarawih dan gerebek sahur ke rumah warga, mereka juga diwajibkan mengikuti pengajian kitab kuning di sejumlah pesantren.

Polres Probolinggo bekerja sama dengan sejumlah ponpes mendukung kegiatan mengaji kitab kuning tiap sore di ponpes setempat. Salah satunya di Ponpes Ihyaus Sunnah. Macam-macam kitab kuning yang dikupas, seperti Ihya’ Ulumuddin, Safinatun Najah, dan Kifayatul Akhyar.

Menurut Kepala Polres AKBP Zulfikar Tarius, Polres memang punya kegiatan religius selama bulan puasa ini, bertajuk Suplemen Kalbu. Semua polisi di 24 Polsek se-Kabupaten Probolinggo wajib mengikuti Suplemen Kalbu.

Salah satunya, pengajian kitab kuning itu yang dianggap perlu untuk meningkatkan pengetahuan soal agama, tauhid, fiqih dan sosial. Selain itu, Polres juga mewajibkan polisi yang tidak bertugas untuk mengikuti salat tarawih dan tadarus selama Ramadhan.

Kapolres mengatakan, polisi harus melebur ke dalam masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa. “Kami bertekad menjamin rasa keamanan dan kenyamanan masyarakat selama Ramadhan. Dengan patrol dan gerebek sahur, kita bisa menjaga keamanan lingkungan dan sekaligus beribadah membangunkan orang sahur,” kata Zulfikar, Rabu (10/8/2011).

Suasana religius memang sangat kental di area Polres Probolinggo saat puasa. Meski pos pintu masuk tetap dijaga ketat, memasuki area polres serasa masuk pesantren, karena dari masjid di area polres terdengar suara orang mengaji. Salat Duhur dan Ashar juga selalu berjamaah.

Empat kantin yang berada di depan masjid, ditutup untuk menghormati puasa. “Kita gak capek kok Mas, bekerja sambil mengikuti kegiatan Suplemen Kalbu. Kami senang diberi waktu dan tempat untuk beribadah semaksimal mungkin selama Ramadhan. Sudah dulu ya, saya mau ngaji Kitab Safinatun Najah di Ponpes Ihyaus Sunnah,” ujar Kasat Sabhara AKP Heri Suyanto.

http://regional.kompas.com/read/2011/08/10/17543789/Polisi.Wajib.Ngaji.Kitab.Kuning

Iklan

Comments are closed.

%d blogger menyukai ini: